Suluk.ID
Wednesday, September 17, 2025
  • Home
  • Ngilmu
  • Pitutur
  • Kekabar
  • Panutan
  • Pepanggen
  • Kirim Tulisan
No Result
View All Result
  • Home
  • Ngilmu
  • Pitutur
  • Kekabar
  • Panutan
  • Pepanggen
  • Kirim Tulisan
No Result
View All Result
Suluk.ID
Home Pitutur

Ghasab Sarung Sang Kiai

by Edy Purnomo
June 1, 2019
in Pitutur
Ghasab Sarung Sang Kiai
Share on Facebook

Ghasab, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri di tulis ‘gasab’, atau kebiasaan memakai barang bukan miliknya tanpa ijin yang punya barang bisa jadi salah satu cerita yang selalu menyertai santri semasa belajar di pondok pesantren.

Meski kadang menjengkelkan, rata-rata para santri atau orang yang pernah nyantri di pesantren sudahh sangat mafhum dengan kebiasaan jelek ini.

Ghasab berbeda dengan mencuri. Karena hanya sekedar pinjam tanpa memberitahu sama pemiliknya. Biasanya langsung dikembalikan setelah dipakai.

Di keseharian para santri, apa saja bisa kena sasaran ghasab: sandal, baju, sarung, peci, kitab, dan barang-barang lain yang bisa dipergunakan.

Ghasab yang mempunyai arti mempergunakan milik orang lain secara tidak sah untuk kepentingan sendiri. Sedangkan dalam perspektif fikih ghasab secara bahasa adalah mengambil sesuatu secara dhalim dengan cara terang-terangan.

Ini kisah tiga santri yang badung dan belum bisa meninggalkan tradisi ghasab. Sebut saja namanya Tolib, Tohir, dan Toni.

Tiga santri yang mondok di salah satu pesantren di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Mereka berani ghasab atas barang-barang milik Gus nya sendiri.

Tiga santri itu sebenarnya adalah anak-anak yang cerdas. Hidup dan menyatu dengan pesantren sebelum usia remaja. Karena usia sudah dewasa, selain mondok mereka juga berkuliah di salah satu kampus swasta.

Entah memang benar betah mondok atau sekedar ingin mengirit biaya hidup daripada ngekos atau sewa rumah kontrakan.

Para santri baru menganggap mereka adalah santri senior. Saking seniornya mereka, sering mendapat kepercayaan membantu mengelola acara-acara pondok. Juga diminta para Gus, sapaan putra kyai, untuk membantu banyak pekerjaan mereka.

Sering juga diminta tolong para ustadz untuk membantu keamanan dan ketertiban pondok pesantren ketika mereka tidak di tempat.

Suatu hari di Jumat pagi yang cerah. Tiga santri kawakan itu mempunyai agenda penting: pelatihan organisasi mahasiswa.

Mereka ternyata adalah aktivis-aktivis kampus yang akan merekrut anggota baru untuk organisasi.

Santri juga harus tampil necis dan bersih, begitu mereka berpikir. Apalagi berkegiatan bersama dengan mahasiswa lain yang bukan anak pondok pesantren. Jadilah mereka bertekad untuk tampil sebaik-baiknya dengan pakaian yang juga sebisa-bisanya harus yang terbaik.

Tolib, yang mendapat jatah berbicara di jam pertama terlihat percaya diri dengan kain sarung tenun berwarna coklat yang dia kenakan.

“Kita harus bangga menjadi santri, ya harus pakai sarung tapi jangan yang kumal seperti celana kamu itu,” katanya kepada seorang kawan sambil tertawa mengejek.

Beda Tolib, beda Tohir. Santri yang sebenarnya juga anak seorang pemuka agama dari Jawa Tengah itu datang dengan baju koko putih berenda hitam di bagian lehernya. Tercium bau harum dan terlihat bekas lipatan rapi khas baju yang selesai disetrika.

Kontras dengan sarung yang dipergunakan, meski bersih tapi tetap kucel tidak ada bekas setrika.

“Santri harus bersih. Karena kebersihan adalah sebagian daripada iman,” katanya mantap.

Toni, beda lagi. Satu dari tiga sekawan itu juga berusaha tampil maksimal. Penampilan yang mencolok terlihat dari sandal dan peci yang dipergunakan. Peci hitam tampak baru dan terlihat hanya dipergunakan di momen-momen tertentu. Kaki dia yang agak kurang terawat terlihat lebih baik dengan sandal yang tercuci bersih.

Jam demi jam terlewati. Hingga akhirnya ada panggilan telepon dari ustad Rozaq di ponsel milik Tolib. Usai mengangkat telepon Tolib terlihat tersenyum.

“Pak Rozaq itu apa punya ilmu linuwih ya? Kok bisa tahu kita pakai baju bagus buat datang di pelatihan ini,” tanyanya kepada dua orang kawannya.

“Pak Rozaq itu juga Gus kan, keturunan Kyai. Wajar kalau punya kelebihan karena sering tirakat. Nggak kayak sampeyan-sampeyan,” timpal seseorang yang mendengar obrolan tiga sekawan itu.

Setelah pulang ke pondok. Mereka mendapati kabar yang mengagetkan. Baju koko, peci, sarung, dan sandal yang dipersiapkan ustad Rozaq dari rumah buat mengisi khutbah salat Jum’at mendadak raib ketika dititipkan di kamar santri.

Entah jadi apa tidak ustadz Rozaq khutbah saat itu, karena tiga sekawan ini langsung lari meninggalkan barang-barang yang semula di ghasab karena saking malunya. Mereka kira perlengkapan salat itu milik santri lain. Ternyata korban mereka adalah gurunya sendiri.(*)

Edy Purnomo

Tinggal di Tuban, menulis di Suluk.id

Tags: KiaiSantriSarung
Previous Post

Islam, Pancasila dan Keindonesiaan

Next Post

Manifesto Intelektual Sufi: Burhan dan Wujud Pengetahuan

Related Posts

Bukan Sekedar Perasaan, Tapi Juga Menjaga Kewarasan

Bukan Sekedar Perasaan, Tapi Juga Menjaga Kewarasan

by Anisa Nayla Ichyaiddina
September 10, 2025
0

Tidak melulu hati. Kadang orang kalau sudah suka, sampai menutup semua fakta. Meskipun banyak yang mendefinisikan itulah cinta. Tapi menurut...

Lebih Dulu Menikah atau ke Mekah? 

Lebih Dulu Menikah atau ke Mekah? 

by Muchamad Rudi C
September 10, 2025
0

Aja-aja ada memang pertanyaannya. Memang terlihat sepele, tapi menjadi bahan diskusi menarik bahkan sampai serius. Pertanyaan itu muncul ketika saya...

Mengawal Informasi Demonstrasi di Platform

Mengawal Informasi Demonstrasi di Platform

by Muchamad Rudi C
September 3, 2025
0

Kepedulian masyarakat kepada negara hingga sampai golongan akar rumput. Terbukti dengan salah satunya obrolan tentang wacana demonstrasi bulan Agustus 2025...

Di Balik Tisu Murah, Ada Harga Sebuah Kehidupan

Di Balik Tisu Murah, Ada Harga Sebuah Kehidupan

by Syahrul
August 20, 2025
0

Suluk.id - Lampu merah menyala. Deru kendaraan memenuhi udara, bercampur dengan suara klakson yang bersahut sahutan. Asap knalpot menebal, menusuk...

Next Post
Manifesto Intelektual Sufi: Burhan dan Wujud Pengetahuan

Manifesto Intelektual Sufi: Burhan dan Wujud Pengetahuan

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sosial Media

Terkait

Lima Keutamaan Bagi Orang Yang Senang Mendengarkan Kisah Maulid Nabi

Lima Keutamaan Bagi Orang Yang Senang Mendengarkan Kisah Maulid Nabi

September 16, 2025
Asah Literasi Kader Muda, LTN NU Rejoso Gelar Pelatihan Menulis Berita

Asah Literasi Kader Muda, LTN NU Rejoso Gelar Pelatihan Menulis Berita

September 15, 2025
Peringatan Maulid Nabi di PP Al Bidayah Tulungagung, Prof. Abad Badruzzaman: Empat Alasan Bershalawat Kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW

Peringatan Maulid Nabi di PP Al Bidayah Tulungagung, Prof. Abad Badruzzaman: Empat Alasan Bershalawat Kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW

September 13, 2025
Suluk.id - Merawat Islam yang Ramah

Suluk.id termasuk media alternatif untuk kepentingan dakwah. Dengan slogan Merawat Islam Ramah serta mengajak beragama yang menggembirakan.

Suluk.ID © 2025

  • Redaksi
  • Tentang
  • Disclaimer
  • Kerjasama
  • Kirim Tulisan
No Result
View All Result
  • Home
  • Ngilmu
  • Pitutur
  • Kekabar
  • Panutan
  • Pepanggen
  • Kirim Tulisan

Suluk.ID © 2025