Suluk.ID
Thursday, August 28, 2025
  • Home
  • Ngilmu
  • Pitutur
  • Kekabar
  • Panutan
  • Pepanggen
  • Kirim Tulisan
No Result
View All Result
  • Home
  • Ngilmu
  • Pitutur
  • Kekabar
  • Panutan
  • Pepanggen
  • Kirim Tulisan
No Result
View All Result
Suluk.ID
Home Ngilmu

Menyelamatkan Kader Muda NU dari Wahabi

by Jamal Ma'mur Asmani
June 19, 2020
in Ngilmu
Menyelamatkan Kader Muda NU dari Wahabi
Share on Facebook

Hadlratussyaikh KH M Hasyim Asy’ari memberikan atensi khusus pada kelompok ini. Bahkan kelompok ini ditempatkan pada kelompok pertama yang bersebrangan dengan golongan Ahlussunnah Wal Jamaah.

Dalam kitab Risalah Ahlissunnah Wal Jamaah, Hadlratussyaikh menjelaskan:

فرقة يتبعون محمد عبده ورشيد رضا وهذه الفرقة يأخذون مذهب محمد بن عبد الوهاب النجدي وأحمد بن تيمية وابن القيم الجوزية وابن عبد الهادي.

Golongan yang mengikuti Muhammad Abduh dan Rasyid Ridla. Golongan ini mengambil madzhab Muhammad bin Abdul Wahhab an-Najdi, Ahmad bin Taimiyyah, Ibnul Qayyim al-Jauziyyah, dan Ibnu Abdil Hadi.

Hadlratussyaikh melanjutkan, kelompok ini mengharamkan hasil ijma’ (konsensus ulama), seperti hukum berziarah ke makam Nabi Muhammad. Ibnu Taimiyyah menyatakan: ziarah ke makam Nabi hukumnya Haram dengan ijma’ kaum muslimin jika meyakini bahwa ziarah tersebut bernilai taat.

Golongan ini mencemooh ulama salaf dan khalaf karena mereka bukan ma’shum (dijaga dari salah) dan melempar masalah-masalah shubhat (ambigu) untuk menciptakan permusuhan dan kebencian di tengah umat. Fitnah kelompok ini tidak hanya pada agama, tapi juga pada non-agama, yakni dunia.

Syaikh Muhammad Faqih Maskumambang, teman Hadlratussyaikh studi di Haramaian dan Wakil Rais Akbar NU menurut KH Maimoen Zubair, menambahkan:

Golongan wahabi ini mencela Nabi secara tidak beradab. Mereka membenci bacaan shalawat Nabi Dan menghukum, bahkan membunuh orang yang membaca shalawat dengan pengeras suara yang tidak mematuhi aturannya.

Orang yang tidak mengikuti golongannya dianggap kafir-musyrik yang halal darah dan hartanya.

وسمي كفارا لجماعة من أكابر العلماء الماضين وهو يصرح بتكفير الامة من منذ ستمائة سنة

Muhammad bin Abdul Wahhab menyebut kafir komunitas ulama-ulama besar yang telah lalu dan mengkafirkan umat secara terang-terangan sejak 600 tahun (sejak abad 6 hijriyah).

Syaikh Abu Fadlal bin Abdussyakur, santri Hadlaratussyaikh KH M Hasyim Asy’ari, dalam kitab Ad-Durru al-Farid menjelaskan 10 doktrin Wahabi:

1. Menetapkan wajah, tangan, dan arah pada Allah dan menjadikan Allah naik-turun seperti makhluk.
اثبات الوجه واليد والجهة للباري سبحانه وتعالي

2. Mendahulukan dalil naqal (normatif) yakni al Qur’an-hadis atas dalil akal dan tidak boleh merujuk kepada dalil akal dalam masalah-masalah agama.

تقديم النقل علي العقل

3. Menafikan ijma’ dan mengingkarinya

نفي الإجماع وانكاره
4. Menafikan qiyas
نفي القياس

5. Tidak boleh taqlid kepada imam mujtahid dan menganggap kafir orang yang taklid 
عدم جواز التقليد للمجتهدين من أئمة الدين وتكفير من قلدهم

6. Mengkafirkan semua orang yang menentangnya
تكفير كل من خالفهم من المسلمين

7. Melarang tawassul dengan Nabi, Wali dan orang-orang shalih
النهي عن التوسل الي الله بالرسول أو بغيره من الأولياء والصالحين

8. Mengharamkan ziarah kubur
تحريم زيارة قبور الانبياء والصالحين

9. Mengkafirkan orang yang bersumpah dengan selain Allah dan menganggapnya musyrik
تكفير من حلف بغير الله تعالي وعده مشركا

10. Mengkafirkan orang yang bernadzar kepada selain Allah atau menyembelih hewan di dekat makam para Nabi dan orang-orang shalih.
تكفير من نذر لغير الله أو ذبح عند مراقد الانبياء والصالحين

Ikuti Sunnah Salaf

Menghadapi kelompok Wahabi di atas, kuncinya adalah mengikuti ulama salaf yang berada di jalur yang benar sesuai petunjuk Nabi dan para sahabat.

فكل خير في اتباع من سلف – وكل شر في ابتداع من خلف

Mengikuti ulama salaf adalah kunci segala kebaikan. Mengikuti orang-orang modern yang suka berbuat bid’ah dengan mengikuti syahwat dan mengingkari al-Qur’an, sunnah, ijma’ dan qiyas adalah sumber kejelekan.

Kiai Maimoen Zubair menjelaskan:

(فكل خير في اتباع من سلف) ممن في قرون الصحابة والتابعين وتابعي التابعين ومنهم الائمة الاربعة والامامان الجليلان في علم الكلام الاشعري والماتريدي

Ulama salaf adalah ulama yang ada pada era sahabat, tabi’in, dan tabiit tabi’in. Termasuk dari mereka adalah imam empat (Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Syafii, dan Imam Hambali) dan dua imam yang agung dalam ilmu kalam, yaitu Imam Asy’ari dan Imam Maturidi.

Alhamdulillah Nahdlatul Ulama konsisten mengikuti sunnah Nabi dan sahabat dengan jalan Imam Syafii dan Imam Asy’ari.

KH MA Sahal Mahfudh menjelaskan kekuatan Aswaja adalah kemampuannya menggabungkan dalil naqal Dan akal secara seimbang. Aswaja tidak alergi terhadap akal, Dan tidak dogmatis dalam memahami naqal. Keduanya berdialektika dalam menjawab persoalan-persoalan sosial. Aswaja hadir sebagai solusi bagi kehidupan sebagai manifestasi Islam Rahmatan Lil-Alamin.

Selamatkan Kader Muda

Bidikan utama kelompok Wahabi adalah anak-anak muda, khususnya usia SLTP-SLTA sampai Mahasiswa S1.

Kader-kader ini harus diselamatkan dengan internalisasi akidah Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyyah yang kuat sehingga tidak goyah dengan modus operandi kelompok Wahabi yang terus bergerilya lewat berbagai cara.

Lembaga pendidikan mereka menjadi wahana efektif kaderisasi kelompok ini. Maka, lembaga pendidikan kita, mulai pesantren, madrasah, madin, TPQ, masjid, mushalla, dan majlis ta’lim lainnya harus menjadi wahana internalisasi akidah Aswaja An-Nahdliyyah yang efektif, sehingga kader-kader muda ini ke depan menjadi pejuang Aswaja An-Nahdliyyah yang kokoh dan militan.

Semoga kita istiqamah di garis ulama salaf ini, amiin.

Jum’at, 27 Syawal 1441 – 19 Juni 2020

Jamal Ma'mur Asmani
Jamal Ma'mur Asmani

Wakil Ketua PCNU Pati, Direktur LESKA, Dosen IPMAFA

Tags: nuWahabi
Previous Post

Uang dan Hal-hal yang Terbuang

Next Post

Sosok Kiai Ghazali dan Pondok An-Nur; Pengembaraan Kang Bejo

Related Posts

Memahami Tren Wacana Untuk Penyampaian Pesan Dakwah Islam

Memahami Tren Wacana Untuk Penyampaian Pesan Dakwah Islam

by Abdur Rohman Assidiis
August 19, 2025
0

Suluk.id, Akhir-akhir ini, dunia jagat maya sedang digencarkan oleh wacana perbincangan filsafat. Hal ini dipicu oleh salah satu sosok yang...

Memaknai Tiga Ekspresi Kemerdekaan

Memaknai Tiga Ekspresi Kemerdekaan

by Nur Aziz Muslim
August 9, 2025
0

Kemerdekaan bukan sekadar hanya bebas dari penjajahan secara fisik, akan tetapi harus dimaknai sebagai suatu keadaan yang disitu bebas dari...

Merangsang Guru PAI Gairah Berliterasi

Merangsang Guru PAI Gairah Berliterasi

by Mukani
July 29, 2025
0

Tradisi literasi di Indonesia masih perlu ditingkatkan karena masih jauh dibanding negara-negara lainnya. United Nations Education, Scientific and Cultural Organization...

AKULTURASI BUDAYA SEBAGAI PILAR MODERASI DI LINGKUNGAN SOSIAL

AKULTURASI BUDAYA SEBAGAI PILAR MODERASI DI LINGKUNGAN SOSIAL

by elhimmah
July 18, 2025
0

Kehidupan masyarakat yang majemuk, perjumpaan budaya dan agama menjadi realitas yang tidak bisa dihindari. Sebut saja di Indonesia. Sebuah negeri...

Next Post
Sosok Kiai Ghazali dan Pondok An-Nur

Sosok Kiai Ghazali dan Pondok An-Nur; Pengembaraan Kang Bejo

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sosial Media

Terkait

SDN Kayangan 2 Gelar Jalan Sehat, Meriahkan Rangkaian HUT RI ke-80

SDN Kayangan 2 Gelar Jalan Sehat, Meriahkan Rangkaian HUT RI ke-80

August 27, 2025
Rutinan Lailatul Ijtima’ MWCNU Diwek Kaji Makna Kemerdekaan

Rutinan Lailatul Ijtima’ MWCNU Diwek Kaji Makna Kemerdekaan

August 26, 2025
Pengurus Ikatan Sarjana NU Jombang Hari Ini Dilantik, Diharap Kolabarasi Demi Kemajuan Jombang

Pengurus Ikatan Sarjana NU Jombang Hari Ini Dilantik, Diharap Kolabarasi Demi Kemajuan Jombang

August 26, 2025
Suluk.id - Merawat Islam yang Ramah

Suluk.id termasuk media alternatif untuk kepentingan dakwah. Dengan slogan Merawat Islam Ramah serta mengajak beragama yang menggembirakan.

Suluk.ID © 2025

  • Redaksi
  • Tentang
  • Disclaimer
  • Kerjasama
  • Kirim Tulisan
No Result
View All Result
  • Home
  • Ngilmu
  • Pitutur
  • Kekabar
  • Panutan
  • Pepanggen
  • Kirim Tulisan

Suluk.ID © 2025