PUASA itu pengosongan diri dari sifat-sifat hewani agar diri menjadi ruang bagi sifat-sifat insani. Apabila sifat-sifat hewani telah hilang dari diri orang yang berpuasa, maka yang tersisa dalam dirinya adalah sifat-sifat insani.
Seperti menjadi orang jujur, sabar, peduli sosial, dermawan, ramah, dan toleran. Sifat insani yang muncul juga mampu menjaga seseorang untuk tidak melakukan penipuan dan mengambil yang bukan haknya.
Tidak akan membiarkan orang-orang yang terpinggirkan menderita kelaparan, tidak akan mencaci-maki agama lain atau aliran lain karena itu akan menyakiti para penganutnya, dan tidak akan melakukan kekerasan, meskipun atas nama kebenaran dan Tuhan.
Komunikasi transendental atau komunikasi yang terjadi antara manusia dan Tuhannya melalui ibadah yang dilakukan oleh manusia, ketika beribadah sesunggunhnya manusia sudah melakukakan komunikasi dengan penciptanya sebagai perwujudan hablum minaallah sebagaimana disabdakan Rasul dalam konsep ihsan, yaitu ‘an takbuduallah kaannaka tarahu fainlam takun tarahu fainnahu yaroka (HR Bukhori-Muslim)’ yang artinya beribadahlah kamu seakan akan kamu melihat Allah dan jika tidak bisa sesungguhnya Allah melihat kamu.
Maka ketika manusia melakukan ibadah, sesungguhnya manusia sudah berkomunikasi dengan Tuhannya, termasuk ketika manusia menjalankan ibadah puasa di Ramadan juga bagian dari komunikasi transendental.
Berkaitan dengan ibadah puasa, komunikasi transendentalnya dimulai dari turunnya surat Al-Baqarah: 183. Perintah puasa ini menggunakan kata ‘kutiba’ bukan menggunakan kata ‘furidho’ atau ‘wujiba’ yang di dalam kata ‘kutiba’ mesti terdapat pengorbanan yang tidak biasa dalam menjalankannya di mana dalam puasa orang tidak boleh makan, minum, dan sebagainya, padahal hal tersebut menjadi perilaku manusia sehari-hari.
Dengan kata lain, perintah puasa itu sangat berat bagi manusia untuk menjalannkannya. Akan tetapi manusia meyakini bahwa perintah Allah melalui malaikat jibril kepada Rasullullah Muhammad SAW merupakan bagian komunikasi transendental yang meliputi Allah dengan Malaikat Jibril sebagai saluran komunikasinya dan Rasul Muhammad SAW menjadi komunikannya.
Pesan dalam komunikasi transendental yang terjadi antara Allah, Malaikat Jibril, dan Rasul Muhammad SAW kemudian diteruskan oleh Rasul Muhammad kepada manusia-manusia yang beriman, maka terjadi proses penyampaian pesan transendental kepada manusia yang beriman.
Maka jenis komunikasinya bergeser menjadi komunikasi spiritual agama. Nabi Muhammad SAW dalam komunikasi ini berperan sebagai komunikator dan orang-orang yang beriman menjadi komunikannya.
Sedangkan pesan yang disampaikan ini masih pesan dari komunikasi transendental. Hal ini bisa dilihat dari dampak komunikasinya di mana manusia yakin akan kebenaran pesan dalam komunikasi transendental tersebut manusia dengan ikhlas dan riang gembira menyambut puasa Ramadan dan sedih saat Ramadan telah berakhir. (*)
Dosen Ilmu Komunikasi Unirow Tuban