Suluk.id – Almarhum KH. Maimoen Zubair, atau lebih sering dipanggil Mbah Moen, semasa hidup adalah seorang kyai kharismatik dari Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Santri-santrinya dari Pondok Pesantren Al Anwar menyebar di seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai mancanegara.
Sebagai seorang ulama teladan, beliau menjadi tempat konsultasi dan curhat bagi lintas kalangan. Mulai dari petani, nelayan, pedagang, santri, sesama kyai, tokoh politik, budayawan, dan masih banyak lagi.
Sikap yang selalu tawadhu dan keilmuan yang luas membuat beliau disegani banyak orang. Terutama bagi orang-orang yang masih nyantri ataupun pernah nyantri di sana. Sehebat apapun santri itu, kalau sudah diminta membaca dihadapannya pasti akan keluar keringat.
“Saya termasuk orang yang beruntung karena pernah disuruh baca kitab dihadapan Mbah Moen,” kata KH Bahauddin Nur Salim atau Gus Baha, di Ponpes asuhannya di Desa Narukan, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang, Rabu (15/1/2020).
Tapi kisah yang diceritakan di sela pengajian kita tafsir Al Jalalain ini, tidak bercerita tentang bagaimana Gus Baha membaca kitab di hadapan guru yang sangat beliau hormati . Tetapi tentang seorang temannya yang sama-sama pernah mondok di sana.
Sahabat Gus Baha, Khusnan namanya, seorang kyai yang sudah terbiasa menjadi khatib dan imam Shalat Jum’at di masjid. Pada suatu Jumat, seperti biasa teman Gus Baha ini memakai pakaian terbaik termasuk jas untuk memberikan khutbah Shalat Jumat.
Saat kutbah itulah, teman Gus Baha baru tahu kalau di barisan shof terdepan ada yang sosok yang sangat dia kenal yakni Mbah Moen. Betapa kaget sang murid ini sehingga dia kutbah dengan perasaan gugup. Bahkan sampai jatuh sakit setelah sholat Jumat karena perasaan tidak enak.
Mendengar temannya sakit Gus Baha kemudian datang menjenguk. Beliau kemudian menemani Khusnan untuk sowan ke Mbah Moen. Mendengar cerita ini, sikap Mbah Moen justru di luar perkiraan.
“Kalau begitu aku di belakang saja,” kata Mbah Moen.
Semenjak saat itu, Gus Baha bercerita Mbah Moen hampir selalu datang di belakang dan tidak pernah berada di bagian shof depan ketika Shalat Jumat. Beliau tidak ingin orang atau muridnya yang menjadi khatib dan imam shalat merasa segan dengan kehadirannya.
Ternyata kyai besar lain, Mbah Sahal, juga melakukan hal yang sama. Pernah hal ini ditanyakan dan jawaban beliau sangat singkat.
“Kalau aku di depan, terus khatib e pie toh le le?”. Maksudnya kurang lebih sama. Bagaimana perasaan khatib itu ketika mengetahui orang yang sangat dihormati atau bahkan menjadi gurunya ada di depannya? Itu sama dengan perasaan diminta baca kitab di depan gurunya.
Tinggal di Tuban, menulis di Suluk.id