Suluk.ID
Saturday, May 17, 2025
  • Home
  • Ngilmu
  • Pitutur
  • Kekabar
  • Panutan
  • Pepanggen
  • Kirim Tulisan
No Result
View All Result
  • Home
  • Ngilmu
  • Pitutur
  • Kekabar
  • Panutan
  • Pepanggen
  • Kirim Tulisan
No Result
View All Result
Suluk.ID
Home Pitutur

Memahami Pancasila secara Ukhrowi

by Ahmad Wahyu Rizkiawan
June 1, 2020
in Pitutur
Memahami Pancasila secara Ukhrowi
Share on Facebook

Selain ideologi pemersatu, Pancasila juga berpotensi menjadi instrumen penindasan. Karena itu, sebelum dijadikan emblem jaket, ada baiknya Pancasila dipahami secara ukhrowi.

Saat kelas tujuh SMP, saya pernah nggak hafal Pancasila. Terutama sila ke-4 yang bagi saya kala itu, puuanjang sekali. Gara-gara tak hafal, saya disuruh berdiri di depan kelas sambil menghafalkannya.

Mungkin karena wali kelas saya cerita ke bapak, suatu hari bapak tahu kejadian itu dan mengkonfirmasi kasus ketidakhafalan saya pada Pancasila. Kata bapak, Pancasila itu jangan langsung dihafal. Tapi disungkani. Ditakzimi. Dengan begitu, nanti pasti hafal-hafal sendiri.

“Kok bisa?” Tanya saya.

Pancasila, kata bapak, berasal dari kata Pancashola. Panca dan shola. Panca itu lima. Shola itu sholat. Maksudnya, sholat lima waktu. Sehingga seharusnya kalau ingat Pancasila harus ingat sholat lima waktu.

Dengan ingat Pancasila lalu ingat sholat, kita bisa takzim sama Pancasila. Dan karena takzim, maka nggak perlu dihafal secara kasar, nanti bisa hafal-hafal dengan sendirinya.

Di pikiran saya waktu itu, sila ke-1 sholat Subuh, sila ke-2 sholat Duhur, sila ke-3 sholat Ashar, sila ke-4 sholat Maghrib dan sila ke-5 sholat Isya. Itu, kata bapak, alasan kenapa kiai-kiai dan para ulama dulu sangat dekat dengan Pancasila.

Dan karena Ina sholata tanha anil fahsyai wal mungkar (sesungguhnya sholat mencegah perbuatan keji dan mungkar), di pikiran saya lagi, berbuat jahat pakai Pancasila rasanya jadi aneh.

Saya tahu bahwa bapak sesungguhnya guyon belaka mengait-ngaitkan sholat 5 waktu dengan Pancasila. Guyon banget dan tidak serius. Niat utamanya, agar saya termotivasi untuk mau menghafal Pancasila.

Tapi memang sejak saat itu saya bisa hafal Pancasila. Dihafal dari depan, belakang, tengah, lancar jaya. Sebab saat ingat Pancasila, saya jadi ingat Kiai. Meski barangkali, saat ini sudah tak sehafal zaman SMP dulu. Hehe

Beberapa tahun belakangan, saat mendengar banyak berita soal Pancasila yang bisa membakar buku, merebut lahan parkir dan memukuli orang, saya langsung mbatin satu hal: itu memahami Pancasilanya secara biasa. Tidak ukhrowi. Wqwq.

Sebab selain ideologi pemersatu, ternyata Pancasila juga berpotensi menjadi instrumen penindasan. Karena itu, sebelum dijadikan emblem jaket, ada baiknya Pancasila dipahami secara ukhrowi.

Memahami Pancasila secara ukhrowi ternyata sangat penting. Agar kita punya rasa sungkan pada Pancasila saat ingin menggunakannya untuk, misalnya, merebut lahan parkir milik warga. Atau merampas buku-buku. Atau memukuli orang tak bersalah.

Sebab, Pancasila yang digunakan untuk kekerasan. Untuk penindasan. Untuk melakukan giat-giat garang berbasis euforia kewibawaan, adalah Pancasila yang tak dipahami secara ukhrowi. Melainkan dipahami sekadar ageman senjatawi.

Mengancam orang pakai jurus pancasilais atau membakar buku pakai teknik pancasilais atau merebut lahan parkir pakai kuda-kuda pancasilais tentu amat eman-eman. Sebab, makna Pancasila jadi sempit sekali.

Karena itu, jangan gunakan Pancasila sebagai senjata. Sebab nanti fungsinya hanya untuk berlindung sekaligus memenuhi kebutuhan hidup. Lha kalau gitu, apa bedanya Pancasila dengan payung plastik atau jaket kulit. Ada-ada saja.

Memahami sila pertama secara seksama

Saat awal-awal kuliah, saya suka iseng memahami Pancasila secara ilahiah. Tentu itu gaya-gayaan saya saja, biar kelihatan pancasilais kayak orang-orang. Terutama sila pertama. Misalnya:

Pancasila: 1. Keutuhan yang maha esa. Tuhan suka yang utuh-utuh. Tuhan tak suka perceraian. Tuhan tak suka perpecahan. Tuhan suka yang utuh. Sebab ada Tuhan di dalam keuTuhan.

Dengan begitu, mereka yang mengaku pancasilais tapi suka berantem berujung perpecahan, harusnya sungkan sama ke-pancasilaan-nya, lalu nggak jadi bermusuhan.

Pancasila: 1. Kebutuhan yang maha esa. Sebab ada “butuh Tuhan” di setiap kebuTuhan. Saat butuh sesuatu, ada Tuhan yang sedang memperhatikan. Setidaknya biar sungkan kalau mau mencukupi kebutuhan pakai cara unik.

Saat membutuhkan sesuatu, seorang pancasilais harusnya akan ingat Tuhan. Sehingga sungkan mau merebut lahan parkir atau mukulin orang. Sehingga sungkan mau ngancam-ngancam orang pakai Pancasila untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Dari sila pertama itu, kita tahu bahwa ada Tuhan di setiap keuTuhan. Ada Tuhan di setiap kebuTuhan. Barangkali, itu alasan kenapa poin pertama pada Pancasila adalah Ketuhanan yang Maha Esa. Sebab, hanya Tuhan yang mampu mengutuhkan (bangsa). Dan hanya Tuhan pula yang mampu mencukupi kebutuhan (hidup manusia).

Sialnya, permenungan saya baru sila pertama saja. Sila kedua dan seterusnya masih belum sempat saya renungi sampai saat ini. Hehe…

Ahmad Wahyu Rizkiawan
Ahmad Wahyu Rizkiawan
Tags: PancasilaUkhrowi
Previous Post

Wahabi dalam Pandangan Syaikh Muhammad Faqih Maskumambang

Next Post

Menjelang 40 Hari Lord Didi Kempot, Kita Belajar Tentang Kebaikan

Related Posts

Sejauh Kaki Melangkah, Aku Akan Akan Kembali

Sejauh Kaki Melangkah, Aku Akan Akan Kembali

by Redaksi
May 14, 2025
0

Suluk.id - Seseorang akan pergi jauh, namun hatinya akan tetap tertaut pada orang yang dikasihinya. Hingga suatu saat dia akan...

Resolusi Pasca Lebaran : Minimal Berniat Lebih Baik Lagi

Resolusi Pasca Lebaran : Minimal Berniat Lebih Baik Lagi

by Muchamad Rudi C
April 9, 2025
0

Sepertinya tidak hanya tahun baru yang menjadi titik refleksi seseorang. Entah itu tahun - tahun Masehi, Hijriah, Saka, Jawa dan...

Perjalanan Cinta di Hari Mulia

Perjalanan Cinta di Hari Mulia

by jamal ghofir
March 31, 2025
0

Genap lah sudah perjalanan spiritual, selama 30 hari mendendangkan lantunan syair mahabah disetiap bangunan suci seantero Nusantara bahkan dunia. Ayat-ayat...

Keteladanan dalam Kepemimpinan: Belajar dari Sikap Bijak Prof. Nasaruddin Umar

Keteladanan dalam Kepemimpinan: Belajar dari Sikap Bijak Prof. Nasaruddin Umar

by Redaksi
March 30, 2025
0

Penulis : Prof. Abd Aziz (Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung) Dalam kepemimpinan, dua hal selalu diuji: kebijaksanaan dan keteladanan....

Next Post
Meninggalnya Didi Kempot dan Pesan Gus Baha tentang Kematian

Menjelang 40 Hari Lord Didi Kempot, Kita Belajar Tentang Kebaikan

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sosial Media

Terkait

Perspektif Humanis dari Dr. Dzinnun Hadi dalam Bincang-Bincang Wanita Karir

Perspektif Humanis dari Dr. Dzinnun Hadi dalam Bincang-Bincang Wanita Karir

May 15, 2025
Sejauh Kaki Melangkah, Aku Akan Akan Kembali

Sejauh Kaki Melangkah, Aku Akan Akan Kembali

May 14, 2025
Membangun Komitmen dan Menebar Berkah: Refleksi Dr. Mutrofin tentang Peran Wanita Karier di Era Modern

Membangun Komitmen dan Menebar Berkah: Refleksi Dr. Mutrofin tentang Peran Wanita Karier di Era Modern

May 14, 2025
Suluk.id - Merawat Islam yang Ramah

Suluk.id termasuk media alternatif untuk kepentingan dakwah. Dengan slogan Merawat Islam Ramah serta mengajak beragama yang menggembirakan.

Suluk.ID © 2025

  • Redaksi
  • Tentang
  • Disclaimer
  • Kirim Tulisan
  • Kerjasama
No Result
View All Result
  • Home
  • Ngilmu
  • Pitutur
  • Kekabar
  • Panutan
  • Pepanggen
  • Kirim Tulisan

Suluk.ID © 2025